Home » Animasi » Mencengangkan! Betapa Rumitnya Proses Pembuatan Serial Shaun the Sheep

Mencengangkan! Betapa Rumitnya Proses Pembuatan Serial Shaun the Sheep

mantif.com. Sebuah karya seni bisa terwujud secara spontan maupun proses panjang. Namun, keduanya tidak ada yang instan. Untuk membentuk suatu masterpiece, seorang atau sekelompok seniman banting tulang melalui berbagai persoalan, perenungan dalam, pembelajaran tanpa henti, dan berbagai detail yang menempa mental, serta kebijaksanaan mereka.

Kesabaran dan pemaknaan, lantas menjadi kunci utama untuk mampu menghadirkan karya yang luar biasa.

pembuatan film kartun shaun the sheep, cara membuat shaun the sheep dari kapas, cara pembuatan film animasi shaun the sheep, proses pembuatan film animasi shaun the sheep, dibalik pembuatan film shaun the sheep, cara pembuatan shaun the sheep, cara pembuatan film shaun the sheep, cara pembuatan film kartun shaun the sheep, pembuatan kartun shaun the sheep, proses pembuatan kartun shaun the sheep, cara pembuatan kartun shaun the sheep, proses pembuatan shaun the sheep, proses pembuatan animasi shaun the sheep

Pernah nonton serial animasi Shaun the Sheep? Tingkah kocak dan konyol dari para hewan dan orang-orang di peternakan itu telah menarik perhatian dunia untuk menyaksikannya. Meski dengan visual yang tampak sederhana, anjing dan gerombolan domba tersebut cukup ikonis.

Wajar saja, Shaun the Sheep bisa dibilang salah satu karya yang menakjubkan. Bukan hanya karena ciri khas pergerakan dan bentuk karakternya, melainkan karena proses pembuatan Film Shaun the Sheep yang rumit.

Shaun the Sheep, tidak diwujudkan melalui rekayasa komputer sebagaimana serial animasi lainnya. Di balik gerak canggung para tokoh yang berperan, penggarapan serial Shaun the Sheep berpijak pada kesabaran tinggi melalui teknik stop motion. Teknik yang sama, juga pernah digunakan pada pembuatan salah satu film nominasi Oscar, Coraline (2009).

Apakah kamu sudah terbayang betapa rumitnya?

dibalik pembuatan kartun shaun the sheep, dibalik rahasia pembuatan film shaun the sheep, dibalik layar pembuatan film shaun the sheep, membuat shaun the sheep dari kapas, cara membuat shaun the sheep dari barang bekas, proses pembuatan film shaun the sheep, youtube pembuatan film shaun the sheep, video pembuatan film shaun the sheep, teknik pembuatan film shaun the sheep

Stop motion, merupakan teknik animasi dengan cara memanipulasi suatu objek nyata atau suatu bentuk fisik hingga tampak bisa bergerak. Objek, dalam hal ini ornamen setting dan karakter dalam cerita, diwujudkan dalam bentuk fisik, untuk kemudian digerakkan, dan difoto frame demi frame. Setiap hasil foto atau frame, dimainkan secara berkelanjutan hingga terwujud berbagai ilusi gerakan dan animasi yang menakjubkan.

Sebagaimana Coraline (2009), setiap karakter film Shaun the Sheep terbuat dari clay. Bahan ini seringkali dipilih dalam pembuatan animasi stop motion karena mudah untuk direkayasa bentuknya. Boneka-boneka clay ini juga dilengkapi dengan sendi, agar mudah digerakkan.

Baca :  7 Film Animasi Terbaru 2018 Paling Seru untuk Anak Bareng Keluarga

pembuatan shaun the sheep, pembuatan shaun the sheep kaskus, pembuatan shaun the sheep youtube, membuat shaun the sheep, pembuatan film shaun the sheep, pembuatan animasi shaun the sheep, dibalik pembuatan shaun the sheep, fakta pembuatan shaun the sheep, pembuatan film animasi shaun the sheep

Dengan proses sedemikian rumit dan perlahan-lahan, maka wajar jika setiap episode serial Shaun the Sheep membutuhkan waktu yang lama. Bahkan, dikabarkan bahwa penggarapan Shaun the Sheep the Movie memakan waktu hingga 9 tahun! Pastilah setiap pihak yang terlibat merasa sangat lega atas rampungnya karya spektakuler dan mengandung nilai seni yang tinggi itu.

pembuatan film animasi shaun the sheep

Nah, setelah melihat foto-foto pembuatan serial Shaun the Sheep, kamu mengerti kan bahwa hasil akhir bukan segalanya?

Sebuah pencapaian akan lebih berharga apabila kita telah melalui serangkaian perjuangan yang panjang, rumit, dan sulit. Setiap proses yang kita lalui akan memberi makna, nilai seni, dan kekuatan dalam karya yang kita sajikan. Karena, sebuah karya bukan hanya perkara harga atau estetika, melainkan inspirasi yang memancar dan bisa memberi motivasi pada orang lain untuk turut membuahkan karya untuk dunia.

Selamat berbahagia, dan semangat berkarya!

Loading...
error: