Home » Intermezzo » Mengenal Megalodon, Hiu Raksasa yang Jadi Primadona Film “The Meg”

Mengenal Megalodon, Hiu Raksasa yang Jadi Primadona Film “The Meg”

mantif.com. Dunia gempar, seekor hiu raksasa menciptakan teror bagi kapal selam dan pengujung pantai di perairan Samudra Pasifik.

Lantas, demi menjaga eksistensi dan ketenangan peradaban manusia, sekelompok ilmuwan bergegas menyiapkan siasat untuk menyingkirkannya. Ketegangan dan ketakutan merayapi atmosfer, manusia berperang melawan makhluk laut yang berbeda kekuatan, kecenderungan, dan tentunya, keganasan.

Syukurlah, segala hal menyeramkan tersebut hanya terjadi dalam film yang tayang pada awal Agustus 2018 silam.

Kendati hanya rekaan, “The Meg”, judul film yang dibintangi Jason Statham tersebut, merujuk pada satu spesies hiu raksasa yang benar-benar ada, dan pernah hidup di muka bumi, yaitu Carcharocles megalodon. Nama ilmiah ini memiliki arti “gigi raksasa”, karena fosil gigi Megalodon yang berukuran besar, menjadi petunjuk paling signifikan yang didapatkan oleh para ilmuwan.

Berikut ini 4 fakta paling penting tentang Megalodon, yang menarik untuk kita simak :

1. Waktu Kepunahan Megalodon

Sulit untuk memprediksi waktu kepunahan Megalodon secara presisi, karena hiu gigantik ini tak pernah dijumpai lagi selain berupa fosil gigi yang berusia lebih lama dari eksistensi manusia. Berdasarkan penelitian, fosil gigi Megalodon merujuk pada masa Miosen hingga masa Pliosen (15,9 juta-2,6 juta tahun yang lalu), sementara fosil manusia pertama diprediksi berasal dari masa Pleistosen, sekitar 2,5 juta tahun yang lalu. Karena itulah, selama belum ada fosil gigi yang lebih muda, mayoritas ilmuwan menyatakan Megalodon telah punah di masa Pliosen.

2. Ukuran Megalodon

berapa ukuran megalodon

Meski mendapat label “purba”, ukuran Megalodon tidak jauh berbeda dengan hiu raksasa yang hidup saat ini. Berdasarkan penelitian dari berbagai sumber, Megalodon dapat tumbuh hingga 18-25 meter, dengan gigi sepanjang 7 inchi. Sebagai perbandingan, hiu putih raksasa (Carcharodon carcharias) modern berukuran 6 meter dan hiu paus mencapai 10 meter. Hmm … sepertinya masih cukup besar untuk menjadi ancaman!

Baca :  7 Aktris Jepang Paling Kawaii, Tercantik dan Sedang Ngehits

3. Makanan Megalodon

Megalodon, berada di tingkatan tinggi dalam rantai makanan. Mereka memangsa hewan-hewan laut berukuran besar, seperti paus, lumba-lumba, bahkan hiu lainnya. Berdasarkan laporan BBC, Megalodon menyerang sirip dan ekor ketika berburu, untuk melumpuhkan kemampuan renang mangsanya. Kekuatan gigitan Megalodon mencapai 108,5-182,2 Newton, atau sekitar 100 kali lebih kuat dari manusia, 276 gigi tajam yang siap mencabik mangsa.

4. Habitat Megalodon

Laiknya hewan purba lain, seperti dinosaurus, Megalodon menyukai lingkungan yang hangat. Pada masanya, mereka menjelajahi perairan laut dangkal, dan fosil gigi Megalodon pun ditemukan di seantero lautan bumi, kecuali Antartika. Menurut analisis para ilmuwan, Megalodon punah karena tibanya zaman es yang menyebabkan sebagian besar perairan membeku.

Kendati demikian, masih ada 1% probabilitas yang menunjukkan eksistensi Megalodon  di bumi. Bayangkan saja, dengan ukuran 18 meter, mereka bisa bersembunyi di mana saja, pada 71% permukaan bumi yang diselimuti oleh perairan.

Bagaimana menurutmu? Apakah Megalodon telah benar-benar punah?

Loading...
error: