Home » Intermezzo » 6 Pelajaran Berharga yang Bisa Dipetik dari Film Drama Korea

6 Pelajaran Berharga yang Bisa Dipetik dari Film Drama Korea

mantif.com. Pernah kepikiran, apa faedah atau manfaat yang bisa diambil dari hobi menonton film atau drama Korea? Bagaimana pun, hobi ini bisa menyita waktu panjang. Kamu tentu enggan menandaskan episode demi episode kalau tayangannya ‘b aja’.

Salah-satu ciri karya yang sukses, yaitu yang meninggalkan kesan bagi penikmatnya. Apalagi kalau sampai meninggalkan pesan tersendiri. Tentu karya itu tak akan mudah terlupakan, apalagi tergantikan. Nah berikut ini beberapa pelajaran yang bisa diambil dari drama-drama Korea yang berbeda. Jom!

manfaat menonton film korea, manfaat nonton film korea, pelajaran dari film drama korea, faedah menonton film drama korea, apa ada manfaatnya menonton film korea

1. Kepercayaan Pada Takdir atau Nasib

Beberapa drama Korea menampilkan plot, di mana karakternya tidak punya kuasa apa-apa atas segala yang terjadi padanya. Salah-satu yang paling membekas, yaitu Goblin. Drama ini menceritakan tentang Kim Shin alias Goblin.

Sudah jadi nasibnya menerima kutukan untuk hidup selamanya alias immortal. Karena itu, dia ingin hidup abadinya bermanfaat dengan cara menolong orang lain.

Kemudian ada Eun Tak, wanita yang dijuluki sebagai “Goblin’s Bride”. Bisa kamu lihat, bagaimana proses pertemuan Eun Tak dengan Goblin, serta takdir yang sudah digariskan untuk mereka.

Demikianlah hidup, penuh misteri. Kamu mungkin nyaris terkecoh menentukan, mana yang kebetulan dan mana yang sudah ditakdirkan.

2. Berupaya Keras Demi Menggapai Mimpi

Drama Korea tak melulu tentang dua sejoli yang memadu kasih dengan manis. Ada juga genre yang mengusung tema kehidupan, masa muda, dan dibumbui dengan komedi. Misalnya “Cheer Up”, yang mengisahkan perjuangan para siswa di sebuah sekolah kompetitif.

Mereka khawatir akan pendidikan, nilai, dan poin. Lalu pada akhirnya, mereka juga mesti berupaya menggapai mimpinya. Semakin disaksikan, tayangan ini semakin tegas mengingatkan, bahwa di momen terpuruk pun selalu ada kemungkinan untuk kembali bangkit dan bersemangat.

Baca :  Daftar Film Drama Korea Terbaru yang Dibintangi Yook Sung jae

Kemudian, ada “Fight for my Way”, yang menggambarkan perjuangan Ko Dong Man dan Choi Ae ra. Keduanya menjalin kasih sekaligus tetap fokus mengejar impian. Semuanya dilakoni di tengah kejamnya realita. Namun drama ini juga menyajikan scenes humoris yang menghibur.

3. Kamu Tak Bisa Memuaskan Semua Orang

Bukannya berburuk sangka, namun kesuksesan seseorang tak selamanya dibarengi dengan rasa senang dari orang. Selalu ada saja pihak-pihak yang tak suka, iri, dan diam-diam berharap kalau kesuksesan itu runtuh, atau dibarengi dengan nasib buruk dari arah lain.

Hal ini ditunjukkan oleh drama “Hyde, Jekyll, Me”, yang dibintangi oleh Hyun Bin. Dia berperan sebagai Gu Seo jin, chaebol generasi ketiga yang hendak mengelola Wonder Land. Secara kasat mata, dia seperti punya segalanya.

Sudah ganteng, kaya, pintar pula. Namun sebuah insiden di masa kecil meninggalkan trauma tersendiri. Dia jadi tumbuh sebagai lelaki yang memiliki kepribadian berbeda-beda, kadang keji dan kadang juga baik hati.

Kemudian ada teman semasa kecil Seo jin, Yoon Tae joo, yang pernah merasa sakit hati. Dia pun menjalankan skema balas dendamnya, tak senang jika temannya itu hidup dengan mudah dan tenang.

4. Kecantikan itu bukan Perkara Tampilan Luar

Berbicara tentang kecantikan, kemungkinan kamu akan mengambil kaca dan mengobservasi penampilanmu sendiri. Orang-orang seakan sudah menetapkan standard umum tentang kecantikan. Sehingga kamu akan ketar-ketir ketika mendapati jerawat, lingkar hitam di mata, atau ronawajah yang tidak cerah.

Sementara itu, drama “She was Pretty” yang dibintang oleh Hwang Jung eum menyoroti masalah kecantikan ini. Dia berakting sebagai Kim Hye jin, wanita jelita yang berasal dari keluarga kaya.

Namun ketika usaha keluarga jatuh ke level paling dasar, keadaannya berubah drastis. Tak hanya uangnya yang hilang, kecantikannya pun ikut pudar. Di sisi lain ada Ji Seong jun. Dia adalah lelaki, yang secara fisik, tidak begitu menarik.

Namun dia bisa menjadi editor sukses. Pencapaiannya itu memberikan daya tarik tersendiri bagi penampilannya. Kalau ditelusuri, drama ini menunjukkan bagaimana wajah atau penampilan saja tidak bisa menjadi tolok ukur. Perlu kecantikan dan keindahan dari dalam. Yang satu inilah yang lebih natural dan berkesan.

Baca :  5 Film Korea Kerajaan dengan Rating Tertinggi Hingga November 2018

5. Cinta itu Kuat dan Menguatkan

Cerita cinta yang sad ending (endingnya sedih) biasanya dihindari oleh kamu, yang memang merasa tak kuasa melihat adegan sedihnya. Tetapi terkadang akhir yang sedih, misalnya karakternya mati, itu justru bisa menjadi jalan keluar yang melegakan. Contohnya dalam drama “I’m Sorry, I Love You”.

Karakter bernama Cha Moo hyun adalah gelandangan tampan. Suatu hari dia bertemu wanita yang menjadi koordinator seorang penyanyi terkenal Korea, Choi Yune. Wanita itu adalah Song Eun chae, yang ternyata memendam perasaan pada Choi Yune.

Karena sebuah kecelakaan dengan mantan pacarnya, Moo hyuk hanya memiliki harapan hidup selama 3 bulanan. Pada akhirnya, Moo hyuk melakukan transplantasi hati untuk Yune. Dia meninggal. Song Eun chae, pasca meletakkan bunga di sisi kuburan Moo hyuk, juga mengembuskan napas terakhirnya. Ikatan mereka sangat kuat.

6. Tak ada Kata Terlambat atau Tua untuk Cinta

Pernah mendengar atau menyaksikan sendiri bagaimana dua lansia jatuh cinta? Mungkin kamu mengernyitkan dahi, menaikkan alis, atau cuma nyengir.

Namun tema yang jarang diangkat ini terlihat dalam drama “Salute D’Amour”. Jangan harap pasangan yang diceritakan adalah muda-mudi yang kulitnya masih kencang dan energinya meletup-letup.

Mereka adalah Sung Chil dan Geum Nim, pasangan kakek nenek, yang membagi kisah kehidupannya bersama keluarga dan para tetangga. Sung chil awalnya digambarkan sebagai lelaki yang temperamen dan keras kepala.

Namun sifatnya melunak pasca dia bertemu dan jatuh hati pada Geum nim, wanita yang mengoperasikan toko bunga. Awalnya hubungan mereka bahkan tidak disukai oleh putri Geum nim, Min jung. Namun karena cinta, mereka pun bisa mengatasinya bersama. Demikian, 6 Manfaat dan Pelajaran Penting yang Bisa Diambil dari Film Drama Korea. #RD

Loading...
error: