Home » Intermezzo » 6 Dampak Positif Negatif Menonton Film Horor

6 Dampak Positif Negatif Menonton Film Horor

mantif.com. Sudah tahu menakutkan, para penyuka film horor masih saja setia, mau remaja, bapak-bapak-, ibu-ibu dan mungkin sekarang anak-anak pun ada yang suka menonton film horor. Malah banyak yang bilang, kalau film horornya tidak bikin bulu roma berdiri, itu artinya kurang memuaskan. Gagal terhibur. Kamu seperti itu juga, tidak?

Dirilis dari lama WebMD, Glenn Sparks yang seorang profesor komunikasi Universitas Purdue meneliti pengaruh film horor terhadap fisiologi penonton. Hasilnya, denyut jantung para penonton jadi meningkat sampai 15 kali lebih cepat tiap menitnya. Suhu tubuh mereka menurun, tekanan darah meninggi, tangan berkeringat, dan otot-otot jadi tegang.

Kesimpulan sang profesor tampaknya bisa kita amati atau buktikan sendiri. Kalau sedang menyaksikan film horor, kondisi yang dipaparkan penelitian itu sering terjadi. Nah kita ulas efek negatifnya dulu, ya. Jom !

dampak film horor bagi remaja pelajar pada anak pengaruh terhadap psikologi mental positif anak-anak nonton ibu hamil buruk menonton dari negatif indonesia efek suara melihat terlalu sering perilaku jurnal kecemasan untuk

1. Risiko Pembekuan Darah jadi Meningkat

Universitas Leiden pernah melakukan penelitian (2015), yang menyatakan kalau aktivitas menonton film horor bisa meningkatkan risiko darah membeku. Hal itu terjadi sebab tubuh merasakan sensasi takut. Pada saat itu, tubuh mendeteksi kengerian dan situasi bahaya. Untuk mensiasati risiko kehilangan darah, pembekuan darah pun terjadi. Namun hal ini masih terbilang normal, apalagi kalau keadaannya sedang ketakutan.

2. Risiko Penyakit Jantung

Pernah mendengar kasus pengunjung bioskop yang menjerit keras? walk out? Bahkan, pingsan? Rasa takut berlebih memang bisa memicu berbagai reaksi. Kalau penontonnya memiliki riwayat penyakit jantung, risikonya sangat berat. Dia bisa meninggal di tempat. Pasalnya, menonton film horor bisa meningkatkan adrenalin, penyempitan pembuluh darah, dan kinerja jantung yang berubah jadi lebih keras. Organ tersebut akan maksimal bekerja secara cepat untuk tetap memompa darah. Kemalangan bisa terjadi kalau organ tersebut tak kuat menjalani tugasnya.

Baca :  16 Daftar Artis Korea dengan Tato yang Keren Penuh Makna

Namun pengaruh film horor tidak sebatas itu. Masih ada penelitian lain, yang justru mengungkapkan kalau menonton film horor bisa memberi efek baik bagi kesehatan.Seperti apa? Jom!

3. Membantu Membakar Kalori

Tidak perlu lari maraton, menyaksikan film horor selama 90 menit saja bisa membakar sekitar 113 kalori. Jumlah ini sepadan apabila kita berjalan kaki selama setengah jam. Fakta ini sendiri diungkapkan oleh hasil studi dari Universitas Westminster.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sudah disinggung sebelumnya, kalau menonton film horror bisa meningkatkan hormon adrenalin. Dengan demikian, proses pertukaran zat dalam tubuh jadi lebih lancar. Energi yang menumpuk pun bisa tersalurkan atau terbakar. Tak perlu olahraga berat. Bobot badan bisa mengecil dengan sendirinya.

5. Meningkatkan Imunitas

Universitas Convetry melakukan penelitian dan mendapati hasil, bahwa menyaksikan film horor bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Studi ini dilakukan dengan cara mengambil sampel darah dari para partisipan remaja. Tepat ketika mereka belum, sedang, dan sudah menonton sebuah film horor. Cukup simpel. Tetapi hasilnya kentara. Sel darah putih mereka meningkat. Sel darah itu sendiri bisa mengindikasikan sistem imunitas yang meningkat.

6. Pengaruh Positif untuk Kesehatan Otak

Poin ini bisa menjadi alasan kuat, kenapa para pencinta film horor justru kepincut dengan sensasi menakutkan dari tontotannya. Bukan justru terganggu atau terancam. Mereka bahkan rela mengikuti seri film, terus update film horor terbaru, dan rela antre demi mendapatkan tiket nonton.

Ternyata ketika menyaksikan tayangan horor, otak akan memproduksi senyawa kimia seperti serotonin, dopamin, dan glutamat. Hormon-hormon itu yang mendatangkan sensasi puas dan senang. Kecemasan dan stres pun akan cenderung menurun. Demikian, Dampak Positif dan Negatif Menonton Film Horor. #RD

Loading...
error: