Home » Film » 5 Sinetron Indonesia yang Terciduk Plagiat Drama Luar Negeri

5 Sinetron Indonesia yang Terciduk Plagiat Drama Luar Negeri

Siapa yang ngefans sama dunia sinetron Indonesia?

Meski banyak yang menghujat karena terlalu bertele-tele dan isinya kurang berbobot, namun tak bisa dipungkiri kalau sinetron masih memiliki fans garis keras. Terbukti rating mereka tinggi, dan para pemainnya langsung naik daun. Bisa kita tengok juga di rumah-rumah warga. Ibu, nenek, tante, kakek, paman, bapak, keponakan, anak, tetangga, dsb, mayoritas pasti sedang anteng memandangi layar kaca.

Namun bagi sebagian dari kamu, ketika coba-coba ikut menonton sinetron, pernahkah teringat sesuatu? Misalnya kamu seperti pernah melihat adegan yang sama, dialog yang mirip, atau jalan cerita yang mengingatkanmupada tayangan lain?

Kemungkinan besar kamu sedang menyaksikan sinetron yang diduga menjiplak storyline-nya drama luar negeri, baik itu dari barat mau pun dari kawasan Asia sendiri. Benarkah demikian? Nah kamu bisa membandingkannya sendiri. Berikut 5 judul sinetron yang kami maksud. Jom!

1. Siapa Takut Jatuh Cinta (2002)

sinetron indonesia yang diduga plagiat drama asia, sinetron indonesia yang plagiat, sinetron indonesia yang plagiat drama asia, sinetron indonesia yang plagiat drama korea, sinetron indonesia yang plagiat film luar, sinetron indonesia yang plagiat korea taiwan, sinetron indonesia yg plagiat, sinetron indonesia yg plagiat drama korea taiwan, sinetron indonesia yg plagiat korea, sinetron plagiat drama asia, film indonesia yang plagiat drama korea taiwan

Sebenarnya riskan juga kalau kita ingin meniru cerita dari drama terkenal. Salah-satunya dari Meteor Garden (2001), drama Taiwan yang mendunia. Pasalnya, cerita ala Barbie Shu Cs ini pasti sudah diketahui banyak orang.

Tak heran ketika sinetron Siapa Takut Jatuh Cinta muncul, orang jadi merasa dejavu. Alurnya memang sangat mirip. Demikian juga dengan adegan Leony yang ceritanya naik ke lantas atas, lalu meluapkan kemarahannya pada Indra Brugman. Scene ini mengingatkan kita ketika Sanchai marah-marah pada Tao Ming Tse.

2. Ganteng Ganteng Serigala (2014)

daftar sinetron indonesia yang plagiat, film indonesia yang dianggap plagiat, film indonesia yang plagiat, daftar film indonesia yang plagiat daftar sinetron indonesia plagiat, sinetron indonesia plagiat film luar negeri, cover film indonesia yang mirip film asing siapa yang plagiat, cover film indonesia yang plagiat

Sinetron yang kerap disingkat GGS ini sempat booming di tanah air. Kebanyakan orang terus membahas ceritanya, karakternya, para pemainnya, termasuk ceritanya yang unik karena bawa-bawa vampire ke tanah Indonesia. Namun karena kita sudah lebih dahulu menonton seri Twilight, mau tidak mau pasti ada yang membanding-bandingkan.

Baca :  12 Film India yang Dibintangi Shah Rukh Khan dan Kajol

Ide ceritanya sama. GGS juga menampilkan gagasan tentang keluarga vampire yang ikut menimba ilmu di sekolah manusia. Kemudian ada cerita asmaranya juga, di mana salah-satu anggota vampire bisa jatuh hati pada manusia. Setelah lebih jauh, cerita GGS kemudian melebar dan menghasilkan ratusan episode.

3. Kau yang Berasal dari Bintang (2014)

drama indonesia plagiat korea, film indo plagiat korea, film indonesia plagiat korea, sinetron indonesia plagiat my love from another star, sinetron indonesia plagiat my love from the star, sinetron indonesia plagiat the fault in our stars, sinetron plagiat my love from the star, sinetron rain plagiat the fault in our stars, sinetron indonesia plagiat drama korea, sinetron indonesia plagiat film korea

Dari judulnya sendiri, para pecinta drama Korea pasti langsung ngeh. Oh drama ini mengingatkan mereka pada My Love From Another Star, yang diperankan oleh Kim Soo hyun dan Jun Ji hyun. Dada mereka sempat lapang ketika pihak produksi sinetron mengklaim sudah mengantongi izin remake dari Korsel langsung.

Tetapi keadaan berubah ricuh ketika pihak produksi Korsel menyanggahnya. Kalau sudah begitu, penonton pun langsung kecewa. Oh ya, inti ceritanya sendiri alien ganteng dan memiliki kekuatan super yang bertemu dengan manusia cantik.

4. Buku Harian Nayla (2006)

film indo plagiat, film indo yang plagiat, film indonesia plagiat, film indonesia plagiat film luar negeri, film indonesia plagiat thailand jepang

Rakyat Indonesia sangat banyak, dan selera tontonannya mereka juga beragam. Wajar saja kalau ada yang terpicu berkomentar ketika menyaksikan Buku Harian Nayla. Apalagi sinetron yang sedih mengharukan dan religius ini sangat populer di zamannya.

Betapa tidak, sinetron ini menyerupai dorama Jepang berjudul 1 Litre of Tears (2005). Kisahnya terpusat pada seorang gadis yang awalnya ceria dan taat beribadah. Namun dia kemudian divonis menderita kelumpuhan syaraf. Adapun ide untuk menulis diary atau buku harian datang dari dokternya.

5. Kejora dan Bintang (2009-2010)

daftar sinetron indonesia plagiat drama korea, sinetron indonesia plagiat korea, drama indonesia plagiat korea, film indo plagiat korea, film indonesia plagiat korea, sinetron indonesia plagiat drama korea, sinetron indonesia plagiat film korea

Sangat disayangkan. Sinetron ini diisi oleh nama-nama aktor yang memiliki reputasi bagus. Mereka adalah Alyssa Soebandono, Rachel Amanda, Baim Wong, Lucky Perdana, Mieke Wijaya, Mathias Muchus, dll. Namun kesan negatif harus menghampiri, karena sinetronnya dianggap kembar dengan drama Korea berjudul Brilliant Legacy (2009). Susunan keluarganya sama. Bahkan scene awal, di mana koper karakter utamanya tertukar pun sama persis.

Baca :  7 Film yang Dibintangi Amel Alvi

Meski demikian, masih banyak karya sinetron Indonesia yang original dan bagus, kok. Bahkan lebih keren dan berfaedah bagi penontonnya, apalagi selalu ada pesan-pesan kebaikan yang disampaikan. Tak perlu terlalu condong ke drama luar negeri, ya. Demikian, 5 Sinetron Indonesia yang Terciduk Memplagiat Drama Luar Negeri. #RD

Loading...
error: