Home » Film » 12 Film yang Dilarang Tayang di Indonesia Berikut Alasannya

12 Film yang Dilarang Tayang di Indonesia Berikut Alasannya

Film dalam mau pun luar negeri tak bisa tayang bebas begitu saja. Mereka harus “melangkahi” berbagai syarat dan ketentuan berlaku yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia, khususnya oleh Lembaga Sensor Film aka LSF. Jika LSF tidak merestui, bisa dipastikan sebuah film akan menyandang status dilarang edar.

Alasan tidak dikeluarkannya status lulus sensor bermacam-macam. Umumnya, mereka tidak suka jika sebuah film menampilkan adegan-adegan tertentu yang tidak layak dan tidak nyaman untuk disaksikan. Entah karena terlalu seksi dan sensual, adanya unsur kekerasan atau pelecehan, bersinggungan dengan agama tertentu, bersifat politis, terlalu mengerikan, tidak sesuai dengan sejarah, dsb.

Lalu film apa saja yang dicekal dan dilarang tayang di Indonesia? Jom!

1. 3 (Alif Lam Mim)

film indonesia yang dilarang tayang kaskus, film indonesia yang dilarang tayang no sensor, film indonesia yang dilarang tayang, film indonesia yang dilarang tayang di bioskop, film indonesia yang dilarang tayang di indonesia, film indonesia yang dilarang tayang di indonesia kaskus, film indonesia yang dilarang tayang di tv, film indonesia yang dilarang tayang karena vulgar film jepang yang dilarang tayang di indonesia

Kebayang kan film Indonesia dilarang di Indonesia? Beberapa kalangan di Indonesia sepertinya tidak menginginkan adanya film ini. Karena berisi pesan kebenaran dibalik isu sosial yang selama ini terjadi di masyarakat kita yang ternyata penuh dengan rekayasa.

2. Balibo (2009)

film barat dilarang tayang di indonesia, film barat yg dilarang tayang di indonesia, film-film yang dilarang tayang di indonesia, film yang dilarang tayang di bioskop indonesia, judul film yang dilarang tayang di indonesia

Poster filmnya mengklaim kalau kisahnya berdasarkan a true story. Sesuai judulnya, film ini memang menceritakan tentang Balibo Five. Mereka adalah sekelompok jurnalis yang mengalami nasib nahas.

Ada oknum yang menangkap dan membunuh mereka lantaran meliput aktivitas invasi Indonesia terhadap Timor Timur, yang sekarang menjadi Timor Lester. Menurut pemerintah, yang diwakili oleh Marty Natalegawa selaku Menlu kala itu, pelarangan film ini memang memiliki alasan kuat. Pemerintah tidak mau ada pandangan atau perspektif negatif dari dunia internasional terhadap Indonesia.

3. Fifty Shades of Grey (2015)

film semi barat luar negeri yg dilarang tayang, film hot barat indonesia yang dilarang tayang, film fifty shades of grey dilarang tayang di indonesia, film hollywood yang dilarang tayang di indonesia, film indonesia dilarang tayang di indonesia, film indonesia dilarang tayang kaskus, film semi barat yang dilarang tayang, film semi luar negeri yang dilarang tayang full no sensor, film terbaru yg dilarang tayang di indonesia

Bisa kita tebak sendiri, kenapa Indonesia dan negara-negara lain seperti Malaysia serta Kenya tak memberi izin tayang pada film ini. Film yang diadaptasi dari novel berjudul sama ini memang sangat erotis, mengandung sadomasokisme, dan unsur seks*ualnya dinilai berlebihan. Hal ini tentu sangat berseberangan dengan budaya timur yang kita anut, serta menyalahi ketetapan yang sudah dibuat tegas oleh LSF.

4. Max Havelaar (1976)

daftar film barat luar negeri yang dilarang tayang di indonesia, film barat dilarang tayang di indonesia, film barat yg dilarang tayang di indonesia, film-film yang dilarang tayang di indonesia, film yang dilarang tayang di bioskop indonesia, judul film yang dilarang tayang di indonesia

Aktor ternama Indonesia sempat muncul dalam film ini, yakni Maruli Sitompul dan Rima Melati. Film Belanda ini memang sempat beredar, namun pemerintah Orde Baru kemudian menghentikan izin tayangnya. Ceritanya sendiri diangkat dari novel berjudul sama karyanya Multatuli, atau yang kita kenal juga sebagai Eduard Douwes Dekker.

Sosok Max Havelaar sendiri diperankan oleh Peter Faber. Dia adalah figur lelaki idealis. Selain cinta keluarga, dia juga cenderung kurang setuju dengan sistem kolonial bangsanya sendiri (Belanda) dan pemerintahan yang korup. Dia diceritakan berhadapan dengan Belanda sekaligus penguasa lokal, yakni Bupati Lebak yang bernama Elang Ademan Soesilaningrat.

Baca :  15 Daftar Film Paling Kontroversial di Dunia Sepanjang Masa

5. Merdeka 17805 / Murudeka 17805 (2001)

film dilarang tayang di indonesia, film dilarang tayang indonesia, lima film ini dilarang tayang di indonesia

Judul filmnya berbahasa Indonesia, karena memang kisahnya tentang tanah air kita. Namun setelah ditilik-tilik, rupanya terdapat berbagai penyelewengan kisah sejarah serta scenes yang kurang nyaman untuk ditampilkan. Misalnya ketika lagu Indonesia Raya dikumandangkan dengan cara kurang sopan, atau ketika ada nenek-nenek yang sampai mencium kaki Shimazaki.

Intinya film ini tidak sesuai fakta dan sangat menciderai hati rakyat Indonesia. Betapa tidak, film ini membeberkan kisah heroik tentara Jepang demi melaksanakan tugas negara sekaligus membantu kita mendapatkan kemerdekaan.Lha?

6. Noah (2014)

kenapa film noah dilarang tayang di indonesia, daftar film barat luar negeri yang dilarang tayang di indonesia, film box office yang dilarang tayang di indonesia, film dilarang tayang di indonesia 2014-2015-2016, judul film yang dilarang tayang di indonesia

 

Meski diperankan oleh salah-satu aktor senior dunia, Russel Crowe, kalau filmnya terlampau kontroversial ya tetap saja LSF tidak akan merestui penayangan Noah. Secara garis besar, konten filmnya tidak sesuai dengan keyakinan dan isi cerita kitab suci.

Betapa tidak, sosok Noah alias Nabi Nuh digambarkan sebagai lelaki biasa yang mendapat perintah khusus dari Tuhan YME, kemudian merasa terbebani dan psikisnya sampai terganggu. Dia seperti lelaki pembenci yang ingin membunuh cucunya sendiri. Sosoknya juga jelas-jelas diperankan oleh Om Crowe, dan hal ini tidak mendapat toleransi sama sekali dari negara-negara seperti Indonesia, Malaysia, Arab Saudi, Kuwait, dan Qatar.

7. Schindler’s List (1993)

daftar film barat luar negeri yang dilarang tayang di indonesia, film box office yang dilarang tayang di indonesia, film dilarang tayang di indonesia 2014-2015-2016, judul film yang dilarang tayang di indonesia, film indonesia yang dilarang tayang kaskus, film indonesia yang dilarang tayang no tidak lulus sensor

Para fans Steven Spielberg pasti langsung untuk menonton film drama historis ini. Apalagi film yang dibintangi oleh Liam Neeson ini sudah memboyong 7 Oscar (1994). Namun sayangnya, “Schindler’s List” kurang layak tonton di bioskop Indonesia. Kisah film yang diangkat dari novel “Schindler’s Ark” karya Thomas Keneally ini mengandung unsur kekerasan dan tayangan vulgar, telanjang yang terlalu frontal.

8. True Lies (1994)

film yang dilarang tayang di indonesia, film luar negeri yang dilarang tayang di indonesia, film luar yang dilarang tayang di indonesia, film yang dilarang tayang di indonesia 1994-2015, film yang dilarang tayang di indonesia kaskus, film yang dilarang tayang di indonesia tahun

Sutradaranya adalah seorang James Cameron, dan pemain utamanya adalah Arnold Schwarzenegger. Kombinasi ini tentu menjadi godaan tersendiri bagi para penonton. Apalagi genre yang diusungnya adalah thriller dan action.

Namun ceritanya sangatlah sensitif. Arnold adalah potret mata-mata bernama Harry Tasker. Di mata keluarganya dia adalah salesman biasa. Namun ternyata dia tengah memiliki misi untuk melacak seorang jihadis islam bernama Aziz. Singkatnya, film ini dianggap memiliki potensi untuk menyebarkan fitnah kalau Islam itu adalah agama ekstremis.

Baca :  6 Drama Korea Bertema Politik Terbaru Terbaik 2017

9. The Act of Killing (2012)

film indonesia yang dilarang tayang no sensor, film indonesia yang dilarang tayang, film indonesia yang dilarang tayang di bioskop, film indonesia yang dilarang tayang di indonesia, film indonesia yang dilarang tayang di indonesia kaskus, film indonesia yang dilarang tayang di tv, film indonesia yang dilarang tayang karena vulgar film jepang yang dilarang tayang di indonesia

Dari segi prestasi, film ini memang sudah memboyong berbagai penghargaan dan masuk dalam aneka nominasi. Namun pembuat filmnya mengekspos bagaimana eksekusi massal terhadap pihak-pihak yang dianggap komunis di Indonesia. Film ini juga sudah menyibak bagaimana kelamnya momen G 30 S PKI. Teuky Faizasyah sebagai juru bicara kepresidenan menyatakan kalau film ini bisa memicu kesan dan persepsi keliru terhadap bangsa Indonesia.

10. The Look of Silence (2014)

judul film yang dilarang tayang di indonesia, film indonesia yang dilarang tayang kaskus, film indonesia yang dilarang tayang no sensor, film indonesia yang dilarang tayang, film indonesia yang dilarang tayang di bioskop, film indonesia yang dilarang tayang di indonesia, film indonesia yang dilarang tayang di indonesia kaskus, film indonesia yang dilarang tayang di tv

Seperti hanya The Act of Killing, film ini juga cukup berprestasi, termasuk dengan menjadi nominator Oscar untuk kategori “Dokumenter Terbaik”. Namun pemutaran filmnya sendiri langsung dicekal dan dibatalkan. Dikhawatirkan nanti ada kerusuhan atau huru-hara ketika aksi beberapa organisasi agama melakukan aksi pengepungan. Apalagi topik ini tengah panas dan sensitif untuk dibahas.

11. The Year of Living Dangerously (1982)

film dilarang tayang di indonesia, film dilarang tayang indonesia, lima film ini dilarang tayang di indonesia

Judul filmnya terinspirasi dari frasa Italia yang sempat digunakan Soekarno, yakni “vivere pericolosamente”. Namun film bergenre drama percintaan ini merupakan buatan Australia. Ceritanya tentang seorang jurnalis atau wartawan bernama Guy Hamilton yang diperankan dengan apik oleh Mel Gibson.

Dia tiba di Jakarta, Indonesia, dan menjalin pertemanan. Seorang diplomat Inggris bernama Jill Bryant jatuh hati padanya dan memberinya informasi penting seputar pemberontakan komunis. Film ini menunjukkan keadaan kota yang semakin rusuh dan berbahaya.

12. Irreversible (2002)

film hot barat yang dilarang tayang, film fifty shades of grey dilarang tayang di indonesia, film hollywood yang dilarang tayang di indonesia, film barat luar negeri dilarang tayang di indonesia, film barat dilarang tayang kaskus, film semi barat yang dilarang tayang, film semi luar negeri yang dilarang tayang full no sensor, film terbaru terbaik yg dilarang tayang di indonesia

Salah satu film vulgar yang menampilkan scene pemerkosaan yang brutal dan sadis, itulah yang menjadi alasan film ini tidak dapat ditemui di bioskop Indonesia

Mari terus mendukung perfilman Indonesia, dan menghormati hasil kinerja LSF, ya. Demikian, 12 Film Yang Dicekal dan Dilarang Tayang Di Indonesia Berikut Alasannya. #RD

Loading...
error: